Dasar-dasar Router

Dasar-dasar Router

Dasar-Dasar-Seputar-Mikrotik

Router ialah piranti computer yang terima atau melanjutkan data paket dari dan ke Internet ke arah satu arah pada proses yang disebutkan routing. Router ialah bagian utama dari jaringan computer yang memungkinkannya tiap data yang dikirimkan datang di arah yang tepat.

Sebagai contoh, pikirkan internet ialah dunia dan satu computer ialah satu rumah tangga. Computer yang lain tersambung lewat Internet ialah rumah tangga di semua dunia. Ucapkanlah satu rumah tangga akan mengirimi surat ke rumah tangga lain di penjuru dunia mana pun. Surat itu mempunyai alamat kan? Dan alamat itu akan tentukan arah surat itu. Tetapi tanpa yang membaca alamatnya, surat itu tidak sampai ke yang menerima yang tepat. Surat pun tidak bisa sampai ke yang menerima tujuan bila tidak ada medianya. Media ini bisa menjadi pengantar. Dan pengantar data computer ialah router.

Router (broadband router) sebagai piranti yang memungkinkannya dua computer ataupun lebih terima data paket dari Internet di bawah satu alamat IP di saat yang bersamaan.

Ingat-ingatlah jika agar bisa tersambung ke Internet, computer harus mempunyai alamat IP yang unik dari computer lainnya. Maka dari itu, tiap computer yang tersambung ke Internet mempunyai alamat IP-nya sendiri. Seperti mempunyai sidik jemari atau ID sebagai jalan masuk untuk dapat masuk ke web. Karena ada router, "sidik jemari" atau "ID" ini bisa dipakai bersama oleh dua computer ataupun lebih secara bersamaan.

Berbentuk yang paling simpel, sebuah router membuat dua ataupun lebih computer memakai Internet secara bertepatan dengan 1 akses pass.

Satu perihal kembali: computer dengan modem kabel bisa juga dipandang seperti router. Dalam masalah ini, computer akan lakukan proses perutean seperti yang sudah dilakukan router biasa. Computer lain selanjutnya disambungkan ke computer dengan akses internet yang hendak memberinya dengan jaringan internet. Computer dengan modem kabel mempunyai contact langsung dengan Internet dan yang tersambung dengannya share jaringan.

Kenapa ada orang yang memerlukan router?

Untuk rumah tangga dengan 2 ataupun lebih computer yang ingin mempunyai jaringan Internet ke tiap computer yang mereka punyai, abonemen untuk tiap-tiap computer akan terlampau banyak. Jalan keluarnya ialah beli router yang memungkinkannya tiap computer di dalam rumah mempunyai jaringan Internet. Dalam pengertian di atas, router broadband akan bertindak selaku hub ke jaringan Internet yang ada.

Bila router sesuai dengan hub, apa akan mempengaruhi kecepatan Internet?

Perlu diperhitungkan jika sekali jaringan Internet tunggal dipisah, kecepatan jaringan akan terpengaruh. Tapi ada banyak router broadband yang hendak mengakibatkan perlambatan minimum pada kecepatan Internet dan dampaknya bahkan bisa saja tidak besar.

Kecepatan internet bergantung pada tipe program yang dipakai di router. Sementara beberapa akan memunculkan sedikit dampak pada kecepatan seperti permainan online, lainnya akan perlambat jaringan Anda serta merintangi Anda untuk memakai Internet sama sekali.

Umumnya, kantor memakai router yang lebih hebat untuk mengubah jaringan Internet ke sebagian besar komputer. Router ini akan memberi data paket yang lebih bagus dibanding dengan router biasa yang dipakai di dalam rumah yang hasilkan kecepatan internet lebih cepat.

0 Response to "Dasar-dasar Router"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel